Teori Pedagogi dan Andragogi

Teori Pedagogi dan Andragogi
A.     Pengertian Pedagogi
Paid berarti anak anak dan agogos berarti memimpin. Yang kemudian pedagogi mengandung arti memimpin anak anak atau perdefinisi diartikan secara khusus sebagai “suatu ilmu dan seni mengajar kanak kanak”/ “ilmu dan seni mengajar “
Pedagogi secara literal adalah seni dan ilmu pengetahuan tentang mendidik anak – anak dan asering digunakan sebagai sebuah sinonim untuk suatu pengajaran. Secara lebih tepatnya, pedagogi mewujudkan pendidikan yang berfokuskan guru . dalam metode pedagogi, guru memikul tanggung jawab untuk membuat keputusan tentang apa yang akan dipelajari, dan bagaimana ia akan di pelajari , dan kapan ia akan di peljari. Guru mengarahkan pembelajaran .
B.     Pengertian Anragogi
Andragogi berasal dari bahasa yunani kuno “aner” dengan kata andr yang berarti orang dewasa, dan agogus yang berarti membimbing atau membina. Pada awalnya andragogi diartikan sebagai seni dan ilmu yang bertugas untuk membantu orang dewasa belajar . atau dikatakan metode yang berfokuskan pada siswa

Metode  andragogi menegaskan bahwa lima permasalahan yang harus di perhatikan dan dibahas dalam pembelajaran formal . mereka adalah :
1.      Dibiarkan siswa mengenal sesuatu kenapa sesuatu itu penting untuk di pelajari
2.      Peragakan kepada siswa bagaimana untuk mengarahkan diri mereka sendiri melalu informasi
3.      Hubungnan topik tersebut dengan pengalaman siswa itu sendiri
4.      Orang tidak akan belajar apa apa kecuali jika mereka siap dan termotivasi untuk belajar

5.      Dan sesuatu yang sering, perlu membantu mereka jika ditemui kendala seperti sikap dan kepercayaan tentang pembelajaran .

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top