RESUME PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA

PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA I.PIAGNET TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF

 1.Skema Skema menggambarkan tindakan mental dan fisik dalam mengetahui dan memahami objek. Skema merupakan kategori pengetahuan yang membantu seseorang dalam memahami dan menafsirkan dunianya. Menurut Piaget, skema meliputi kategoti pengetahuan dan proses memperoleh pengetahuan. Dalam kehidupan seseorang dia selalu mengalami dan mendapatkan informasi yang diperolehnya melalui pengalaman dan digunakan untuk memodifikasi, menambahkan, atau mengubah skema yang dimiliki sebelumnya. Misal anak memiliki skema mengenai jenis binatang seperti kambing, bila sang anak memiliki pengalaman bahwa kambing itu kecil maka dia akan menggeneralisasikan bahwa semua kambing adalah binatang kecil. Namun jika sang anak melihat kambing besar maka dia akan memasukkan infomasi baru dan memodifikasi skema yang lama bahwa kambing itu ada yang besar dan ada yang kecil.

 2.Asimilasi Asimilasi merupakan proses memasukkan informasi ke dalam skema yang telah dimiliki. Proses ini bersifat subjektif karna cenderung memodifikasi pengalaman atau informasi yang sesuai dengan keyakinan yang dimiliki sebelumnya. Dengan melihat contoh diatas maka setelah anak tersebut melihat kambing kemudian ia akan menamakannya kambing karna anak itu telah mengasimilasikan binatang tersebut kedalam skema kambing.

 3.Akomodasi Akomodasi merupakan proses mengubah skema yang telah dimiliki dengan informasi baru. Ini melibatkan kegiatan perubahan skema atau gagasan yang dimiliki karna informasi atau pengalaman baru dan skema baru itu akan terus dikembangkan selama dalam proses akomodasi.

 4. Ekuilibrium Piagnet percaya bahwa setiap anak mencoba memperoleh keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi dengan cara menerapkan mekanisme ekuilibrium. Karna anak mengalami kemajuan karna adanya perkembangan kognitif maka penting untuk mempertahankan keseimbangan antara menerapkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya (asimilasi) dan mengubah perilaku karna pengetahuan baru (akomodasi). Ekuilibrium menjelaskan bagaimana anak mampu berpindah dari tahapan berpikir ke tahap berpikir berikutnya.

 b. Tahap-tahap perkembangan kognitif Dalam tahap perkembangan kognitif teori Pignet mencakup tahap sensorimotor, preoperasonal, dan operasional.

.  
Tahap sensoriotorik. (0-2 tahun)
Pada tahap ini bayi menyusun pemahaman dunia dengan mengordinasikan pengalaman indera (sensori) mereka seperti melihat dan mendengar dengan gerakan motorik (otot) mereka seperti menggapai dan menyentuh. Pada tahap ini bayi hanya akan memperlihatkan pola reflektif untuk beradaptasi dengan dunia dan menjelang akhir tahap ini bayi menunjukkan pola sensorimotorik yang lebih kompleks. Selama dalam tahao ini pengetahuan bayi tentang dunia terbatas pada persepsi yang diperoleh dari pengindranya dan kegiatan motoriknya saja karna perilaku yang dimilikinya masih terbatas.

Praoperasional (2-7 tahun)
Sub  tahap simbolis (2-4 tahun)
Anak secara mental sudah mampu mempresentasikan obyek yang tidak nampak dan penggunaan  bahasa mulai berkembang yang ditunjukkan oleh sikap bermain, sehingga muncul egoisme dan animisme. Egoisentris terjadi ketika anak tidak mampu membedakan antara perspektif yang dimiliki dengan perspektif yang dimiliki oleh orang lain. Animisme merupakan keyakinan bahwa objek yang tidak bernyawa adalah mampu bertindak dan memiliki kualitas seperti kehidupan.

Sub  tahap intuitif (4-7 tahun)
Anak mulai menggunakan penalaran primitif dan ingin tahu jawaban dari semua pertanyaannya disebut intuitif karena anak merasa yakin akan pengetahuan dan pemahamannya, namun tidak menyadari bahwa mereka bisa mengetahui  cara-cara yang mereka ingin ketahui, mereka mengetahui tapi tanpa menggunakan pemikiran rasional.

  Tahap Operasional kongkrit
(7-11 tahun)
Pada tahap ini anak mampu mengoperasikan berbagai logika namun masih dalam bentuk benda kongkrit. Penalaran logikan menggantikan penalaran intuitif namun hanya pada situasi  konkrit dan kemampuan untuk menggolong-golongkan sudah ada namun belum bisa memecahkan masalah abstrak.

Tahap Operasional formal

Pada tahap ini anak sudah mampu berfikir abstrak, idealis dan logis. Pemikiran pada tahap ini tampak lebih jelas dalam pemecahan problem verbal seperti anak dapat memecahkan problem walau disajikan secara verbal (A=B dan B=C). Anak juga mampu berpikir spekulatif tentang kualitas ideal yang mereka inginkan dalam diri mereka dan diri orang lain. Pemikiran ini bisa menjadi fantasi, sehingga anak sering menunjukkan keinginanya untuk segera mewujudkan cita-citanya. Anak juga mampu menyusun rencana untuk memecahkan masalah dan secara sistimatis menguji solusinya. Kemampuan berfikir seperti ini oleh Piagnet disebuthypothetical-deductive-reasoning yaitu mengembangkan hipotesis untuk memecahkan problem dan menarik kesimpulan secara sistematis.




c.Implikasi pembelajaran Pemahaman dalam tahap kognitif anak dapat membantu guru untuk memudahkan dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas. Terdapat beberapa hal yang dapat dimanfaatkan untuk dasar pertimbangan tatkala mengajar :
1. Tatkala guru mengajar hendaknya menyadari bahwa banyak siswa remaja yang belum dapat mencapai tahap berpikir operasional formal secara sempurna.
 2. Kondisi pembelajaran diciptakan dengan nuansa eksplorasi dan penemuan sehingga siswa mempunyai kesempatan untuk mengembangkan minat belajarnya sesuai dengan kemampuan intelektualnya.
 3. Metode pembelajaran yang digunakan lebih mengarah pada konstruktivisme yaitu siswa lebih banyak dihadapka pada problem solving yang lebih menekankan pada persoalan-persoalan aktual yang dekat dengan kehidupan mereka dan menyusun hipotesis tentang mencari solusinya.
4.Setiap akhir pembelajaran dalam satu pokok bahasan, siswa diminta untuk membuat peta pikiran (mind maping).

 Tahap-Tahap Perkembangan Berbeda dengan piaget, bruner dalam memahami karakteristik perkembmbangan kognitif tidak didasarkan pada usia tertentu. Kemudian berdasarkan pengamatannya terhadap perilaku anak, bruner pada akhirnya memiliki keyakinan bahwa ada tiga tahap perkembangan kognitif. Ketiga tahap perkembangan yang dimaksut yaitu tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik.
 a. Tahap enaktif. Pada tahap ini anak memahami lingkungannya. Misalnya, tidak ada yang membantu orang dewaa ketika mengajar anak berlatih naik sepeda. Belajar naik epeda berarti lebih mengutamakan kecakapan motorik. Pada tahap ini anak memahami objek sepeda berdasarkan apa yang dilakukanny, misalnya dengan memegang, menggerakkan, memukul, menyentuh, dan sebagainya.
b. Tahap ikonik. Pada tahap ini informasi dibawa anak melalui imageri. Anak menjadi tahanan atas dunia perseptualnya, anak dipengaruhi olehcahaya yang tajam, gangguan suara, dan gerakan. Karakteristik tunggal pada objek yang diamatidijadikan sebagai pegangan, dan pada akhirnya anak mengembangkan memori visual.
 c. Tahap simbolik. Pada tahap ini tindakan tanpa pemikiran terlebih dahulu dan pemahaman perseptualsudah berkembang. Bahasa, logika, dan matematika memegang peran penting. Tahap simbolik ini memberikan peluang anak untuk menyusun gagasannya secara padat, misalnya menggunakan gambar yang saling berhubungan ataupun menggunakan bentuk-bentuk rumus tertentu.

Menurut bruner, perkembangan kognitif seseorang berkembang dari tahap enaktif ke ikonik dan pada akhirnya ke simbolik. Walaupun demikian, bukan berarti orang dewasa tidak lagi mengkodekan pe-ngalamannyamelalui system enaktif dan ikonik, namun karena adanya banyak pengalaman, orang dewasa lebih banyak menggunakan cara berfikir simbolik dibandingkan dengan inaktif dan ikonik. Implikasi Terhadap Pembelajaran Teori yang dikemukakan oleh bruner tersebut memiliki implikasi terhadap pembelajaran. Perubahan berfikir anak karena faktor usia akan mempengaruhi faktor mngajar mereka.

Berikut disampaikan beberapa implikasi pembelajaran yang diperoleh dari temuan tentang perkembangan kognitif.
 a. Anak memiliki cara berpikir yang berbeda dengan orang dwasa. Guru perlu memperlihatkan fenomena atau masalah kepada anak. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan wawancara atau pengamatan terhadap objek.
b. Anak, terutama pada pendidikan anak usia dini dan anak SD kelas rendah, akan belajar dengan baik apabila mereka memanipulasi objek yang dipelajari, misalnya dengan melihat, merasajan, mencium dan sebagainya. Pendekatan pembelajaran diskoveri atau pendekatan pembelajaran induktif lainnya akan lebih efektif dalam proses pembelajaran anak.
c. Pengalaman baru yang berinteraksi dengan struktur kognitif dapat menarik mina dan mengembangkan pemahaman anak. Oleh karena itu pngalaman baru yang dipelajari anak harus sesuai engan pengetahuan yang telah dimiliki anak.

 III.VYGOTSKY TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF
 1. Pandangan tentang Perkembangan Kognitif Ada tiga konsep yang dikembangkan dalam teori Vygotsky (Tappan,1998):
(1) keahlian kognitif anak dapat dipahami apabila dianalisis dan diinterprestasikan secara developmental;
 (2) kemampuan kognitif dimediasi dengan kata, bahasa, dan bentuk diskursus yang berfungsi sebagai alat psikologis untuk membantu dan mentraformasi aktivitas mental
(3) kemampuan kognitif berasal dari relasi social dan dipengaruhi oleh latar belakang sosiokultural.

 2. Implikasi dalam pembelajaran Pembelajaran akan lebih efektif tatkala seorang guru mengajar dengan menggunakan teori Vygotsky sebagai landasn, bentuk pembelajaran yang dimaksud adalah:
 a. Sebelum mengajar, guru hendaknya memahami ZPD siswa batas bawah sehingga bermanfaat untuk menyusun struktur materi pembelajaran. Implikasinya guru lebih akurat tatkala me-nyusun strategi mengajar, sehingga tidak terlalu mem-berikan bimbingan pada siswa. Dampak pengiringnya adalah siswa dapat belajar sampa tingkat keahlian yang di harapkan dan mencapai ZPD pada batas atas.
b. Untuk mengembangkan pembelajaran yang berkomunitas, seorang guru perlu memanfaatkan tutor sebaya di dalam kelas.
c. Dalam pembelajaran, seorang guru hendaknya menggunakan teknik scaffolding dengan tujuan siswa dapat belajar atas inisiatif sendiri, sehingga mereka dapat mencapai keahlian batas ZPD IV.

 PERKEMBANGAN BAHASA
1. Pengertian Perkembangan bahasa dalam psikolinguistik diartikan sebagai proses untuk memperoleh bahasa, menyusun tata bahasa dari ucapan-ucapan, memilih ukuran penilaian tatabahasa yang paling tepat dan paling sederhana dari bahasa tersebut (Tarigan, 1986:243). Sesuai dengan fungsinya, bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh seorang dalam pergaulannya atau hubungannya dengan orang lain. Sejak seorang bayi mulai berkomunikasi dengan orang lain, sejak itu pula bahasa diperlukan.
 2. Tahap-tahan perkembangan
 Tahap Pralinguistik atau Meraban (0,3 - 1 tahun)
Tahapan ini merupakan permulaan perkembangan bahasa, yang dimulai pada usia sekitar tiga bulan. Anak mengeluarkan bunyi ujaran bentuk ocehan (Monks, 1989:137).

Tahap Halofrastik atau Kalimat Satu Kata (1 – 1,8 tahun)
Pada usia sekitar satu tahun anak mulai mengucapkan kata-katanya pertama. Seperti kata “kursi”, artinya anak tersebut ingin duduk di kursi atau minta diambilkan kursi.

 Tahap Kalimat Dua Kata (1,8 – 2 tahun)
Anak mulai lebih banyak kemunginan untuk menyatakan maksud dan berkomunikasi dengan menggunakan kalimat dua kata, misalnya anak mengucapkan “kucing papa”, atau bertanya “itu kucing milik papa?” dan sebagainya.

 Tahap Perkembangan Tata Bahasa (2 – 5 tahun)
Anak mulai mengembangkan sejumlah sarana tata bahasa, panjang kalimat bertambah, ucapan-ucapan yang dihasilkan semakin kompleks, dan mulai menggunakan kata jamak dan tugas.

 Tehap Perkembangan Tata Bahasa menjelang Dewasa (5 – 10 Tahun)
Anak mulai mengembangkan struktur tata bahasa yang lebih rumit, melibatkan gabungan kalimat sederhana dengan komplementasi, relativasi, dan konjungsi.

 Tahap Kompetensi Lengkap (11 Tahun Sampai Dewasa)
Pada masa akhir kanak-kanak pembendaharaan kata terus meningkat, gaya bahasa seseorang mengalami perubahan, dan seseorang semakin lancar dan fasih dalam berkomunikasi dengan bahasa.

 3. Kemampuan Berbahasa dan Berpikir Berpikir merupakan rangkaian proses kognisi yang bersifat pribadi yang berlangsung selama terjadinya stimulus sampai dengan munculnya respons (Morgan, 1989:228). Untuk berpikir digunakan simbol-simbol yang memiliki makna tertentu bagi individu. Dalam kaitan ini karakteristik pikiran manusia berkenaan dengan bahasa (Glover, 1987:140). Orang beraktivitas berpikir menggunakan simbol-simbol verbal (kata) dan hukum-hukum tata bahasa (grammer) untuk menggabungkan kata-kata dalam suatu kalimat (Morgan, 1989:140).

 Misalnya, ketika kita ditanya alamat rumah seseorang, maka kita pasti akan membayangkan mengenai letak dan bentuk bangunan dari rumah yang ditanyakan, kemudian kita akan menjelaskan “dengan bahasa” mengenai letak dan bentuk bangunan dari rumah tersebut. Dalam aktivitas berpikir di dalamnya melibatkan bahasa. Berpikir merupakan percakapan dalam hati inner speech (Morgan, 1989:231). Berpikir dan berbahasa merupakan dua aktivitas yang saling melengkapi dan terjadi dalam waktu yang relatif bersamaan.

 4. Karakteristik Perkembangan Bahasa Permulaan perkembangan bahasa dimulai pada tahap pralinguistik sampai dewasa. Khusus pada masa remaja, memiliki bahasa yang relatif berbeda dengan tahap-tahap sebelumnya atau masa usia lanjut. Bahasa yang digunakan oleh remaja, kadang-kadang menyimpang dari norma-norma umum, seperti munculnya istilah-istilah khusus, bahasa gaul di kalangan remaja. Hal ini merupakan karakteristik perkembangan bahasa remaja sejalan dengan perkembangan kognisinya.

 5. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa
 a. Faktor Biologis Setiap individu dibekali kemampuan kodrati atau alami yang memungkinkannya dapat menguasai bahasa. Potensi alami ini bekerja secara otomatis yang sering disebut dengan piranti pemerolehan bahasa (Language Acquisition Devices)
 b. Faktor Lingkungan Lingkungan yang kaya dengan kemampuan bahasanya, akan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi berkembangnya bahasa individu yang tinggal di dalamnya.

 6. Perbedaan Individual dalam Perkembangan Bahasa Adanya perbedaan individual secara biologis, genetis, pertumbuhan, perkembangan, dan lingkungannya, maka berbeda pula kemampuan dan perkembangan bahasa individu. Perbedaan individu dalam perkembangan bahasa ini, merupakan fakta universal, suatu kenyataan dalam psikologi perkembangan (Hurlock, 1986:7)

 7. Implikasi dalam Pembelajaran Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa, diantaranya adalah:
a. Mengupayakan lingkungan yang dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi perkembangan bahasa secara optimal.
b. Pengenalan sejak dini terhadap lingkungan yang memiliki variasi kemampuan bahasa pada anak sangat diperlukan untuk memacu perkembangan bahasanya
c. Mengembangkan strategi untuk mempermudah penguasaan bahasa, antara lain: cara untuk memudahkan mengingat, meniru, mengalami langsung, bermain.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top